Pages

Subscribe:

Jumat, 08 Maret 2013

Tanbo Art, Seni ‘Melukis’ Sawah Oleh Petani Jepang



tanbo-art00
Tanbo art adalah sebuah seni unik ‘melukis’ di atas sebidang sawah. Tentunya bukan menggunakan cat seperti pelukis sebenarnya, namun para petani di Jepang menggunakan beberapa jenis padi dengan warna-warna yang berbeda untuk menghasilkan sebuah karya seperti yang diinginkan, yang merupakan sebuah gambar raksasa di lahan pertanian mereka.
tanbo-art0
tanbo-art01
Tanbo art pertama kali muncul pada tahun 1993 silam saat masyarakat desa Inakadate di Prefektur Aomori, yang terletak 600 mil dari Tokyo, tengah mencari cara untuk merevitalisasi desa mereka. Eksplorasi arkeologi menyadarkan mereka bahwa padi telah ditanam di daerah mereka sejak 2.000 tahun silam. Untuk menghormati sejarah desa mereka ini, masyarakat Inakadate mulai menanam padi di area belakang balai desa, dan Tanbo art pun lahir. Dengan padi sebagai kanvasnya, penduduk desa mulai membudidayakan dan menggunakan empat varian padi yang berbeda untuk menciptakan gambar raksasa di lahan pertanian mereka. Supaya orang-orang dapat melihat hasil karya jadi mereka secara utuh, maka dibangunlah sebuah menara setinggi 22 meter di dekat kantor desa tersebut.
tanbo-art2
Setiap bulan April, para petani berkumpul untuk memutuskan apa yang akan mereka tanam tahun itu, termasuk gambar apa yang akan mereka buat kali ini. Setelah diputuskan, mereka akan memulai proses penciptaan gambar dengan menggunakan komputer, sebelum mulai menanam padi di sawah. Pada awalnya, mereka hanya menggambar lukisan Gunung Iwaki yang sederhana selama beberapa tahun, dan baru setelahnya mereka mulai menggambar pola lukisan yang lebih rumit.
Mari kita perhatikan proses pembuatannya:
29 Mei
tanbo-art-1
2 Juni
tanbo-art-2
16 Juni
tanbo-art-3
30 Juni
tanbo-art-4
7 Juli
tanbo-art-5
21 Juli
tanbo-art-6
4 Agustus
tanbo-art-7
18 Agustus
tanbo-art-8
15 September
tanbo-art-9
29 September
tanbo-art-10
Masa Panen
tanbo-art3
Karena Tanbo art berpotensi menjadi sebuah lahan wisata, maka lambat laun banyak daerah lain di Jepang yang meniru ide kreatif penduduk desa Inakadate ini. Tanbo art pun kini telah menyebar di banyak daerah di Jepang, seperti di Yonezawa di Prefektur Yamagata, yang telah beberapa waktu terakhir ini menciptakan Tanbo art mereka sendiri.
Jadi untuk kita yang suatu saat melihat foto gambar sawah dengan bermacam lukisan indah di atasnya, ingatlah bahwa itu bukan crop circle seperti yang sering dikatakan diciptakan oleh alien yang berkunjung ke bumi, namun merupakan hasil kreativitas seni para petani di Jepang.
tanbo-art5
tanbo-art6
tanbo art-001

sumber : www.japanesestation.com

0 komentar:

Posting Komentar